Rabu, 25 Agustus 2010

Puisi: Cahaya Pengetahuan

Puisi: Cahaya Pengetahuan

Oleh: Andin Adyaksantoro

andinadyaksantoro@ymail.com

25 Agustus 2010





Kuturuti langkah lelah ini di hatiku

meski ku mencoba bangkit dari rasa letihku

namun....hati ini masih mencoba melenakanku

hingga ku tak bisa bangkit lagi....



Aku berusaha bangkit lagi ....terbangun kembali

dari mimpi indahku yang menyusup di jiwaku

yang dapat membuatku tertidur pulas

dalam keheningan diri yang tersamarkan...



Aku tak ingin rasa nikmat ini menggeluti pikiranku

aku harus bangkit dan bangkit lagi...

meski rasa kantuk terus menderaku...

aku tetap harus bangkit dan bersandar di pijakan bumi ini...



Kini...aku telah berdiri tegak ..

tanpa halangan apa pun...

aku merasa tenang dan senang...

karena cahaya indah itu kembai bersinar untuk ku...



Cahaya kemandirian yang datang menemaniku

mengajakku untuk selalu berpikir dan berpikir...

belajar dan belajar...

hingga ku tahu...bahwa aku tidak tahu....



Kini cahaya pengetahuan itu terus mengikuti langkahku

membayangi rasa keingintahuanku tentang ilmu pengetahuan

yang dulu ku tinggalkan...kuabaikan dan tak kuperdulikan

kini...kuraih dan kugenggam erat dalam jemari tanganku yang kokoh...

agar tak terlepas lagi....terus mendampingiku...kemana pun ku melangkah....



Betapa aku merasa terasing dalam dunia pengetahuan ini...

banyak yang ku tak tahu....

banyak yang harus kupelajari....

agar daku bisa bangkit dan berdiri lagi dengan tegap

dan ....makin percaya diri....



Semakin kurindukan ilmu pengetahuan yang menemaniku

semakin ku mengetahui ....bahwa aku belum tahu...

ku terus belajar...agar ku tahu dan mengenal diriku

bahwa aku bisa dan bisa .....

dan akhirnya ...cahaya pengetahuan pun...tersenyum padaku....

mengangkat jempolnya...untuk ku...