Sabtu, 16 April 2011

Bagaimana memberikan pelayanan yang prima ke pada konsumen

Bagaimana memberikan pelayanan yang prima ke pada konsumen[1]

Banyak orang yang bermimpi mempunyai cita-cita yang tinggi, yang melayang di angkasa, yang akan segera diraihnya, dalam sekali raih. Itu adalah impian yang indah dan mempesona. Setiap orang pasti menginginkan mimpinya dapat terwujudkan dengan mudahnya, tanpa harus bersusah payah dalam dunia nyata. Memang mudah untuk bermimpi dan meraih cita-citanya itu dalam impian. Namun, dalam dunia nyata, diperlukan usaha dan kerja keras yang sungguh-sungguh, terfokus dan serius. Karena kalau tidak, maka impian hanyalah tinggal impian belaka, tanpa makna yang sesungguhnya.

Mimpi dapat terwujud apabila kita mempunyai perencanaan, maksud dan tujuan yang jelas dari pada mimpi itu pada akhirnya. Misalnya saja, kita bermimpi menjadi seorang pengusaha yang sukses dan handal, tentu diperlukan usaha yang keras dan terfokus. Misalnya saja, kita harus tahu, mau jadi pengusaha apa, apakah mau menjadi pengusaha bangunan, atau pengusaha penyewaan kendaraan roda empat, dan lain sebagainya.

Ini tentunya tidak mudah dan penuh lika liku yang rumit, namun, itu bukanlah menjadi halangan untuk segera menyerah dan tak mau berusaha. Justru sebaliknya, kalau ingin jadi pengusaha sewa menyewa kendaraan, harus tahu dulu harga sewa kendaraan, punya kendaraan sendiri, misalnya saja usaha sewa menyewa kendaraan mobil atau roda empat.

Apabila kita sudah mempunyai kendaraan roda empat, maka yang perlu dijalani adalah mencari pangsa pasar, menghubungi relasi di sekitar hotel atau penginapan atau tempat wisata, atau tempat-tempat lain yang memerlukan kendaraan carteran atau sewa kendaraan. Dan, usahakan pula untuk mempunyai beberapa teman yang seprofesi, agar bisa saling kerjasama di dalam usahanya tersebut, misalnya, apabila temannya membutuhkan kendaraan lain, maka dia bisa menghubungi anda, karena kendaraannya sendiri sudah habis tersewa sedangkan penyewa yang lain masih memerlukan kendaraan, dan anda akan ditarik untuk membantunya menyewakan kendaraan anda, demikian seterusnya atau sebaliknya, sehingga ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan bagi semua pihak, baik itu bagi penyewa kendaraan, karena urusannya jadi lancar, maupun bagi pihak yang disewa kendaraannya, karena dapat pemasukan dana.

Ada lagi, anda pun bisa mempunyai planning atau rencana, kapan hari-hari yang ramai untuk kunjungan wisata, liburan naisonal, atau pun hari-hari yang ramai misalnya, maka kendaraan anda siap untuk dioperasionalkan atau disewakan, dengan asumsi, kendaraan anda sehat dan layak jalan, lengkap dengan surat-surat jalannya.

Dalam setiap bentuk usaha yang profesional, anda dituntut untuk tidak mudah putus asa atau patah arang, apabila suatu ketika atau suatu hari tidak ada konsumen yang menyewa kendaraan anda, misalnya, dikarenakan, berbagai faktor misalnya saja, bukan pada hari kunjungan wisata, bukan pada hari libur nasional atau hari libur biasa atau memang tidak ada yang menyewa sama sekali, karena bagaimana pun setiap usaha pasti ada hari baik, dan hari yang kosong untuk mendapatkan penghasilan, namun, bagaimana pun, anda tetap harus berjiwa optimis menghadapi hari-hari yang sedang berjalan tersebut, untuk selalu berusaha menawarkan usaha dagangannya ke berbagai relasi atau teman, atau mitra usaha, karena anda telah memilih jalan hidup anda untuk usaha yang seperti ini, maka hari-hari anda akan menjadi hari-hari yang terindah untuk selalu berusaha mencari penyewa kendaraan anda. Ibaratnya, tiada hari yang mendung bagi anda setiap harinya, apabila anda selalu optimis dan berusaha serta berdoa kepada-Nya, untuk selalu diberikan rejeki dan karunia-Nya untuk usaha anda, aamiin.

Ada kalanya, jika anda menginginkan tambahan konsumen, iklankan promosi anda, dengan cara diantaranya apabila ada hari-hari yang menurut anda baik, misalnya pada hari ulang tahun anda, atau hari ulang tahun usaha kendaraan anda, maka anda dapat mempromosikan diskount untuk biaya sewanya dan lain sebagainya, sehingga mau tak mau, orang lain akan merasa tertarik untuk menyewa kendaraan anda, dikarenakan ada diskount yang meringankan biaya sewanya.

Disamping itu, berikan pelayanan yang prima dan memuaskan bagi konsumen anda, karena bagaimana pun, konsumen adalah raja, yang merupakan semboyan yang patut dipegang, dengan syarat, konsumennya tidak mengambil keuntungan di balik kebaikan anda, misalnya saja, minta yang tidak-tidak, yaitu misalnya di kendaraan anda hanya ada tape mp3, namun konsumen anda minta yang ada layar televisinya. Ini tentunya, tidak mungkin, karena yang sudah ada di kendaraan hanya ada tape mp3 saja, kecuali anda tergerak untuk segera merespon saran kritiknya yang membangun tersebut, di lain kesempatan anda lengkapi dengan layar televisi sebagai kelengkapan service atau pelayanan anda yang prima. Dan, masih banyak lagi cara untuk meraih konsumen yang terbaik bagi anda dan konsumen anda.

Demikian pula dengan usaha-usaha yang lain, yang menawarkan berbagai pilihan yang menarik untuk konsumen, misalnya saja usaha travel, usaha penginapan atau hotel, maka unsur utama kesuksesan adalah pelayanan yang prima, ramah, memuaskan dan membahagiakan.

Ada kalanya, suatu penginapan memberikan hadiah ulang tahun berupa buah-buahan atau bunga bagi konsumen yang sedang menginap di penginapannya, pada saat konsumen tersebut berulang tahun, atau sedang merayakan malam tahun baru di penginapan anda, dan lain sebagainya. Intinya adalah, bagaimana caranya agar konsumen anda tersebut senang dan terkesan serta puas dengan pelayanan di penginapan atau hotel anda tersebut dan apabila suatu ketika mereka datang lagi ke kota anda tersebut, mereka mau dan senang untuk kembali menginap di tempat anda tersebut sebagai bagian dari hasil dari pelayanan prima anda yang lalu, yang pernah anda berikan padanya.

Terlepas dari pada itu semua, berdoa ke pada Tuhan Yang Maha Esa dan usaha yang sungguh-sungguh disertai dengan keikhlasan serta rasa syukur ke pada-Nya atas karunia-Nya yang terbaik adalah modal yang utama untuk meraih impian mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya dalam memberikan pelayanan yang prima pada konsumen.

Ini sebenarnya merupakan jembatan layang atau jalan tol bagi anda dan konsumen anda untuk menjalin hubungan usaha yang lebih baik lagi di masa masa mendatang. Dan, yang patut untuk diingat bahwa setiap usahawan atau pengusaha yang sukses selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi setiap pelayanannya ke pada konsumennya, agar usahanya tetap terjaga kelanggengannya, selamanya.

Disamping itu, setiap pengusaha atau usahawan selalu berusaha untuk tetap memupuk sikap dan rasa untuk tidak pernah merasa putus ada alias pantang menyerah terhadap kendala atau hambatan yang ada, karena semua permasalahan dapat diselesaikan dengan cara yang bijak dan profesional, dengan terus berusaha tetap fokus pada usahanya.

Ini merupakan salah satu ciri dari pada usahawan yang sukses, dengan tidak lupa pula untuk tetap selalu menjalin hubungan kemitraan usaha yang baik dan saling menguntungkan bagi semua mitra kerjanya secara profesional dan proporsional demi kebaikan bersama.

Dengan demikian, impian akan jadi kenyataan yang terindah, apabila kita mau bekerja keras dan cerdas dalam setiap usaha kita, dengan tetap tidak lupa untuk selalu berdoa kepada-Nya atas segala karunia-Nya pada usaha kita, yang sungguh-sungguh dan terfokus, aamiin.

Demikianlah selintas mengenai cara berusaha yang mengedepankan pelayanan yang prima kepada semua konsumennya secara profesional dan proporsional.

Terima kasih.



[1] Oleh: Andin Adyaksantoro, Jakarta, 16 April 2011